AMIKACIN

Amikacin adalah salah satu obat antibiotik aminoglikosida yang memiliki fungsi membunuh dan menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi. Karena sifatnya hanya membunuh dan menghambat infeksi akibat bakteri, maka infeksi akibat virus (seperti flu atau pilek) tidak bisa diobati dengan antibiotik ini.

Amikacin harus digunakan dengan resep dokter. Pastikan Anda mengonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan merek dan dosis amikacin yang efektif untuk mengatasi infeksi. Obat ini pada umumnya digunakan untuk jangka pendek dalam menangani bermacam-macam infeksi bakteri yang serius pada kulit, selaput otak, paru-paru, tulang, sendi, darah, saluran kemih, serta perut. Beberapa contoh infeksi tersebut meliputi:

Tentang Amikacin

Golongan Antibiotik aminoglikosida
Kategori Obat resep
Manfaat Menangani infeksi serius akibat bakteri
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Obat suntik

Peringatan:

  • Wanita yang berencana atau sedang hamil hanya boleh menggunakan amikacin jika ada anjuran dari dokter. Sementara ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan amikacin karena obat ini bisa memengaruhi ASI.
  • Amikacin sebaiknya tidak diberikan bersama obat-obatan lain dan dosisnya benar-benar harus disesuaikan bagi mereka yang sedang dalam penanganan berat badan.
  • Harap berhati-hati bagi lansia dan bagi yang menderita gangguan hati, gangguan ginjaldehidrasigangguan pendengaran, myastenia gravis, asma, gangguan saraf (misalnya penyakit Parkinson), serta yang menjalani prosedur dialisis.
  • Pastikan Anda meminum banyak air selama menggunakan amikacin.
  • Jangan menggunakan amikacin lebih dari dua minggu.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.

Dosis Amikacin

Penentuan dosis amikacin akan disesuaikan dengan jenis infeksi, tingkat keparahannya, serta riwayat dan kondisi kesehatan pasien. Oleh sebab itu, dosis untuk tiap pasien bisa berbeda.

Dosis umum penggunaan amikacin yang biasa dianjurkan oleh dokter bagi pasien dewasa dengan fungsi ginjal yang normal adalah 15 mg per kg berat badan dalam sehari. Sementara dosis maksimal amikocin per hari adalah 1,5 gram.

Menggunakan Amikacin dengan Benar

Gunakanlah amikacin sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan. Selama menggunakan amikacin, pastikan Anda juga meminum banyak cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Jika gejala Anda tidak kunjung membaik dalam lima hari, konsultasikanlah lebih lanjut dengan dokter. Penggunaan amikacin umumnya dianjurkan untuk jangka pendek, yaitu tidak lebih dari dua minggu.

Pemeriksaan kondisi kesehatan secara rutin juga dianjurkan. Langkah ini akan membantu dokter untuk memantau perkembangan kondisi Anda serta tingkat keefektifan obat.

Pastikan Anda menyelesaikan semua dosis pengobatan yang diresepkan oleh dokter meski infeksi terasa sudah membaik. Ini dilakukan guna memastikan bakteri penyebab infeksi musnah sekaligus mencegah kambuhnya infeksi.

Efek Samping dan Bahaya Amikacin

Sama seperti semua obat, amikacin juga berpotensi memicu efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi antibiotik ini meliputi:

Hentikan konsumsi obat jika Anda mengalami alergi atau efek samping yang berkelanjutan.

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Jesica Admin
Admin
Jesica Admin

Terima kasih telah mengunjungi situs Analisis.id. Jika ada pertanyaan, bantuan bahkan Anda juga dapat request materi/konten silakan kirim pesan pada halaman bantuan atau dapat meninggalkan komentar dibawah ini.

Salam Hangat

Jesica & Tim Analisis.id

×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KARIR Terms Conditions



x