ASAM URSODEOKSIKOLAT

Asam Ursodeoksikolat adalah zat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit batu empedu. Batu empedu merupakan kondisi yang disebabkan oleh pengerasan atau pengkristalan kolesterol di dalam saluran empedu sehingga seseorang yang mengalaminya dapat merasakan nyeri perut. Jika dibiarkan berkepanjangan penyakit batu empedu bisa menyebabkan komplikasi, seperti radang pankreas (pankreatitis) dan penyakit kuning (jaundice).

Dalam mengatasi batu ginjal, cara kerja asam ursodeoksikolat dengan cara mengurangi pelepasan kolesterol dari hati ke dalam empedu dan melarutkan kolesterol sehingga memecahkan batu. Pengobatan batu empedu oleh asam ursodeoksikolat biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang lama, jangan menghentikan pengobatan sampai waktu yang yang telah ditentukan.

Tentang Asam Ursodeoksikolat

Golongan Asam empedu
Kategori Obat resep
Manfaat Mengobati penyakit batu empedu
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk obat Kapsul, tablet, dan sirop

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi asam ursodeoksikolat kecuali disarankan oleh dokter sebagai tindakan yang perlu dilakukan.
  • Asam ursodeoksilat tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak-anak.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan hati, penyakit yang berhubungan dengan usus (misalnya penyakit Crohns dan kolitis ullseratif), dan penyakit yang berhubungan dengan kandung empedu selain penyakit batu empedu.
  • Harap berhati-hati juga bagi orang yang pernah menjalani prosedur operasi pada usus.
  • Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat apa pun, terutama obat-obataan golongan pengganti hormon dan kontrasepsi. Jangan menggunakan asam ursodeoksikolat bersamaan dengan obat-obatan lainnya tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang merugikan.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Asam Ursodeoksikolat

Dosis yang paling umum untuk pemberian asam ursodeoksikolat adalah 450 sampai 600 mg per hari dan dibagi menjadi dua jadwal konsumsi, yaitu siang dan malam. Asam ursodeoksikolat harus dikonsumsi sesudah makan.

Menggunakan Asam Ursodeoksikolat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan asam ursodeoksikolat sebelum mulai mengonsumsinya.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi asam ursodeoksikolat pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam ursodeoksikolat, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis asam ursodeoksikolat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Pengobatan batu empedu oleh asam ursodeoksikolat biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu jangan menghentikan pengobatan sampai waktu yang ditentukan oleh dokter.

Efek Samping dan Bahaya Asam Ursodeoksikolat

Sama seperti obat-obat lain, asam ursodeoksikolat juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat ini adalah:

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KARIR Terms Conditions



x