BETAHISTINE

Betahistine adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit Meniere, pada umumnya menimbulkan gejala vertigo, gangguan pendengaran, dan telinga berdenging (tinnitus). Cara kerja obat betahistine belum diketahui sepenuhnya, namun betahistine dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah di telinga bagian dalam dan mengurangi tekanan di telinga dalam, dengan mempengaruhi zat kimia yang dinamakan histamine. Efek ini yang membuat betahistine digunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi vertigo.

Merek dagang: Vesitab, Vertikaf, Vertigosan, Versyl, Versilon, Vercure, Vastigo, Rotaver, Mertigo, Meristin, Merislon, Kurtigo, Histigo, Betaserc, Betahistine, Mesylate, Lexigo

Tentang Betahistine

Golongan Antihistamin H3
Kategori Obat resep
Manfaat Mengatasi gejala penyakit Meniere
Dikonsumsi oleh Dewasa
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.Betahistine belum diketahui diserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.
Bentuk obat Tablet

Peringatan:

  • Sebelum mengonsumsi betahistine, beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat asma, tukak lambungporfiria, dan pheochromocytoma.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lainnya, termasuk suplemen dan produk herba.
  • Jika akan menjalani operasi atau perawatan gigi, beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi obat ini.
  • Jika terjadi reaksi alergiatau overdosis setelah mengonsumsi betahistine, segera temui dokter.

Dosis Betahistine

Untuk betahistine HCl, dosis awal pemakaian adalah 8-16 mg, 3 kali sehari. Dosis pemakaian selanjutnya (dosis pemeliharaan) adalah 24-48 mg per hari.

Untuk betahistine mesilate, dosis yang digunakan adalah 6-12 mg, 3 kali sehari.

Mengonsumsi Betahistine dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam menggunakan betahistine. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Meski betahistine tidak memengaruhi kemampuan dalam mengemudi atau mengoperasikan alat berat, tapi penderita penyakit Meniere sebaiknya berhenti mengemudi atau melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Jangan menghentikan pengobatan kecuali atas petunjuk dokter. Dokter akan memberi tahu pasien jika dosis betahistine sudah bisa dikurangi.

Konsumsi betahistine secara teratur di waktu yang sama setiap harinya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi betahistine, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat, jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Betahistine yang dikonsumsi secara teratur tidak bisa mencegah datangnya serangan vertigo atau tinnitus. Akan tetapi, obat ini dapat mengurangi tingkat keparahan gejala vertigo dan tinnitus.

Interaksi Obat

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang mungkin dapat terjadi apabila mengonsumsi betahistine bersama dengan obat-obatan lain:

  • Dapat mengurangi efek dari betahistine jika digunakan dengan antihistamin.
  • Betahistine bisa menurunkan efek obat asma golongan beta 2 agonis, seperti salbutamol dan salmeterol.

Efek Samping Betahistine

Efek samping yang mungkin dapat timbul setelah mengonsumsi betahistine, antara lain adalah:

  • Ruam kulit.
  • Kulit gatal.
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan.
  • Sesak napas dan sulit menelan.
  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah.
  • Perut terasa sakit dan kembung.

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KARIR Terms Conditions



x