BILBERRY

Bilberry adalah tanaman berry yang bisa digunakan untuk mengobati diare, inflamasi atau peradangan ringan di dalam mulut dan tenggorokan, masalah pada saluran kemih, penyakit asam urat, arthritis, katarak, gangguan retina, penyakit ginjal, dan infeksi kulit.

Bagian tumbuhan dari bilberry yang biasa digunakan sebagai obat adalah bagian daun dan buah. Nama latin dari tanaman bilberry adalah Vaccinium myrtillus. Tanaman ini bisa digunakan di dalam berbagai cara, misalnya dikeringkan dan direbus terlebih dahulu sebelum diminum, atau dioleskan di kulit. Obat-obatan bilberry yang tersedia di apotek biasanya berbentuk pil, cairan, dan krim.

Selain untuk kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas, khasiat lain dari bilberry adalah untuk mengobati:

Tentang Bilberry

Golongan Herbal
Kategori Obat bebas
Manfaat Mengobati sejumlah kondisi yang berkaitan dengan pencernaan, mata, sendi, kulit, jantung, dan pembuluh darah
Digunakan oleh Dewasa
Bentuk obat Oral dan topikal

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dosis bilberry dengan anjuran dokter.
  • Jangan memberikan bilberry pada anak tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
  • Jangan menggunakan jika Anda menderita gangguan pembekuan darah.
  • Jangan menggunakan bilberry bersamaan dengan obat-obatan lainnya (termasuk produk herba) tanpa petunjuk dari dokter karena dikhawatirkan bisa berdampak kepada kinerja bilberry. Beberapa contoh obat-obatan tersebut adalah aspirin, warfarin, enoxaparin, heparin, piroxicam, ketoprofen heparin, suplemen kesehatan, obat-obatan antioksidan, dan obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid.
  • Karena bilberry mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, maka jangan mengonsumsi bilberry bersamaan dengan obat-obatan diabetes lainnya tanpa persetujuan dari dokter.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan bilberry, segera periksakan diri ke
  • Hentikan konsumsi bilberry dua minggu sebelum dilakukan tindakan pembedahan.
  • Hentikan pengobatan dan temui dokter jika gejala tidak menunjukkan tanda-tanda pulih.

Dosis Bilberry

Buah bilberry yang telah matang dan dikeringkan bisa dikonsumsi tiap hari sebanyak 20-60 gram. Selain itu, air rebusan bilberry juga bisa dibuat dari 5-10 gram buah bilberry yang telah dihancurkan atau 1 gram daun teh yang dicampur dengan 150 ml air panas.

Untuk mengobati gangguan retina, Anda bisa mengonsumsi ekstrak bilberry sebanyak 160 mg dua kali sehari.

Menggunakan Bilberry dengan Benar

Ikuti anjuran dokter atau baca informasi yang tertera pada kemasan produk obat yang mengandung bilberry sebelum mengonsumsinya.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi bilberry pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Belum ada informasi tentang dosis yang terlewat. Oleh karena itu, konsultasikan tentang hal ini pada dokter Anda.

Efek Samping dan Bahaya Bilberry

Kemungkinan alergi bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi bilberry, walaupun hal ini jarang terjadi. Hubungi dokter jika timbul reaksi alergi berupa susah bernapas, pembengkakan bibir lidah, muka atau timbulnya urtikaria.

Tidak disarankan mengkonsumsi daun atau ekstrak bilberry dalam dosis yang berlebihan atau dalam jangka panjang karena diduga akan menimbulkan efek toksik. Walau demikian, efek samping dari kelebihan konsumsi bilberry masih belum diketahui.

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KARIR Terms Conditions



x