BIOTIN

Biotin adalah jenis vitamin larut air yang memiliki peranan penting bagi metabolisme asam amino dan lemak biotin merupakan jenis vitamin yang larut air yang memiliki peranan penting bagi metabolisme asam amino dan lemak. Sebagai molekul pembantu, biotin juga berguna dalam pembuatan glukosa dan asam lemak.

Biotin juga dikenal dengan nama vitamin B7 dan digunakan sebagai salah satu bahan campuran pada suplemen pencegah kekurangan biotin. Suplemen ini umumnya diberikan kepada penderita diabetes atau gangguan organ hati. Pada makanan, kandungan biotin dapat ditemukan di dalam sereal, pisang, wortel, ragi, ikan salmon, kembang kol, tepung kedelai, dan hati.

Tentang Biotin

GolonganSuplemen
KategoriObat resep dan bebas terbatas (obat keras tetapi masih dapat dibeli bebas tanpa resep)
Manfaat
  • Mengobati defisiensi biotin
  • Terapi penunjang untuk penderita diabetes
  • Terapi penunjang untuk neuropati diabetikum
  • Terapi penunjang untuk infeksi atau gangguan pada organ hati
  • Mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas
Dikonsumsi olehDewasa
BentukKapsul dan tablet

Peringatan:

  • Wanita yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui dan anak-anak dapat mengonsumsi obat ini sesuai dengan anjuran
  • Penderita hipoglikemia.
  • Penderita yang memiliki alergi terhadap obat-obatan atau makanan tertentu, bahan pengawet, bahan pewarna, dan hewan.
  • Penderita yang sedang mengonsumsi antibiotik dan antikonvulsan.
  • Penderita yang sedang dalam perawatan lain pada waktu yang sama, termasuk terapi suplemen, pengobatan herba, atau pengobatan pelengkap lainnya.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis saat menggunakan biotin.

Dosis Biotin

KondisiDosis awal
Mengobati defisiensi biotinDosis bergantung kepada tingkat keparahan penyakit, umumnya berkisar antara 1000 – 10000 mcg
Terapi penunjang untuk diabetesBiasanya diberikan 30 mcg bersama campuran bahan lain
Terapi penunjang untuk neuropati diabetikumBiasanya diberikan 30 mcg bersama campuran bahan lain, 2-3 kali per hari
Terapi penunjang untuk infeksi atau gangguan pada organ hatiBiasanya diberikan 100 mcg bersama campuran bahan lain, 3 kali per hari
Mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebasBiasanya diberikan 30 mcg bersama campuran bahan lain, 2-3 kali per hari

Dosis pengobatan dan pemeliharaan biotin dapat berubah sesuai dengan kebutuhan fisik berdasarkan usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, tingkat keparahan, dan respons pasien terhadap obat. Patuhi dosis yang diinstruksikan dokter Anda.

Mengonsumsi Biotin dengan Benar

Biotin sebaiknya diberikan saat perut kosong dan dikonsumsi tiga puluh menit sebelum makan dengan cara menelannya utuh tanpa dikunyah atau dihancurkan. Pada kondisi lainnya, biotin dapat juga diberikan bersama makanan. Ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan dokter dan perhatikan takaran serta informasi pada kemasan sebelum Anda mengonsumsi biotin.

Hindari mengonsumsi biotin bersama dengan minuman beralkohol, merokok, atau makanan tertentu karena dapat memicu kondisi akibat interaksi obat atau reaksi alergi. Waspadai juga penggunaan bersama antibiotik karena dapat mengurangi penyebaran biotin ke seluruh tubuh. Obat jenis antikonvulsan juga dapat menambah laju metabolisme dan mengurangi status biotin sehingga perlu diperhatikan penggunannya.

Pasien yang lupa mengonsumsi biotin disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat dan jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis biotin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Cegah turunnya kadar biotin dalam tubuh dengan mengikuti anjuran yang telah diberikan. Pasanglah alarm pengingat jika memang diperlukan.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Biotin

Biotin memiliki batas toleransi yang wajar sehingga aman untuk dikonsumsi bahkan pada dosis yang cukup tinggi. Namun demikian, dosis maksimum biotin yang dianggap aman masih belum diketahui sehingga sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda mengenai penggunaan obat ini.

Hingga saat ini belum ada laporan efek samping biotin pada penggunaan dengan dosis wajar. Namun, segera temui dokter jika Anda merasakan gejala-gejala yang Anda curigai berhubungan dengan biotin.

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Manda Admin
Admin
Manda Admin

Terima kasih telah mengunjungi situs Analisis.id. Jika ada pertanyaan, bantuan bahkan Anda juga dapat request materi/konten silakan kirim pesan pada halaman bantuan atau dapat meninggalkan komentar dibawah ini. Salam Hangat