Boron (5-B) – Tabel Periodik – Unsur Kimia

 

Boron – Boron (5B)

Nama Indonesia

Boron

Nama Inggris / Nama lain

Boron

Lambang Atom

B

Nomor Atom

5

Penemu

Louis Gay lussac

Tahun Penemu

1808

Negara Penemu

Inggris

Massa Atom Relatif

10,811

Bilangan Oksidasi

3

Konfigurasi Elektron

[He]2s2

Titik Didih

4.275 K

Titik Lebur

2.365 K

Massa Jenis

2,34 g/cm3

Struktur Kristal

Rhombohedral

Elektronegativitas

2.04

Radius Atom

0,98 Aº

Volume Atom

4,60 cm3/mol

Radius Kovalensi

0,80 Aº

Entalpi Penguapan

507,8 kJ/mol

Entalpi Pembentukan

22,6 kJ/mol

Konduktivitas Listrik

5 x 10-2 x 106 ohm-1cm-1

Konduktivitas Panas

27,0 Wm-1K-1

Potensial Inonisasi

8,298 V

Kapasitas Panas

1.026 Jg-1K-1

Warna

Cokelat

Periode

2

Golongan

IIIA

Nama Golongan

Boron

Wujud

Padat

Jenis Unsur

Logam

Asal Unsur

Unsur alam

Manfaat

Bahan pembuat kaca pyrex, pelindung reactor nuklir, dan untuk mengeraskan baja

 

Boron – Boron (5B)

Boron adalah elemen kimia dengan simbol B dan nomor atom 5. Diproduksi sepenuhnya oleh spalasi sinar kosmik dan supernova, bukannya oleh nukleosintesis bintang, boron adalah elemen dengan kelimpahan rendah di tata surya dan kerak bumi. Boron terkonsentrasi di Bumi oleh kelarutan dalam air dari senyawanya yang lebih umum terjadi secara alami, yaitu mineral borat. Boron ditambang secara industri sebagai evaporit, seperti boraks dan kernit. Deposit boron terbesar yang diketahui adalah di Turki, produsen mineral boron terbesar.

Unsur boron adalah metaloid yang ditemukan dalam jumlah kecil dalam meteoroid tetapi boron yang tidak dikombinasi secara kimia tidak ditemukan secara alami di Bumi. Secara industri, boron yang sangat murni dihasilkan dengan kesulitan karena kontaminasi refraktori oleh karbon atau unsur lainnya. Ada beberapa alotrop boron: boron amorf adalah bubuk cokelat; kristal boron berwarna perak ke hitam, sangat keras (sekitar 9,5 pada skala Mohs), dan konduktor listrik yang buruk pada suhu kamar. Penggunaan utama elemen boron adalah sebagai filamen boron dengan aplikasi yang mirip dengan serat karbon pada beberapa bahan berkekuatan tinggi. Boron sempat dinamakan Boracium.

Boron terutama digunakan dalam senyawa kimia. Sekitar setengah dari semua boron yang dikonsumsi secara global adalah zat tambahan dalam fiberglass untuk bahan isolasi dan struktural. Penggunaan utama berikutnya adalah dalam polimer dan keramik dalam bahan struktural dan refraktori berkekuatan tinggi, ringan. Kaca borosilikat diinginkan untuk kekuatan dan ketahanan kejut termal yang lebih besar daripada gelas soda kapur biasa. Boron sebagai natrium perborate digunakan sebagai pemutih. Sejumlah kecil boron digunakan sebagai dopan dalam semikonduktor, dan zat antara pereaksi dalam sintesis bahan kimia organik halus. Beberapa obat-obatan organik yang mengandung boron digunakan atau sedang dalam penelitian. Boron alami terdiri dari dua isotop stabil, salah satunya (boron-10) memiliki sejumlah kegunaan sebagai agen penangkap neutron.

Boron mNACTEC.jpg
Boron,  5B

Sejarah

Selama berabad-abad satu-satunya sumber boraks, Na2B2O5(OH)4, adalah endapan mengkristal Danau Yamdok Cho, di Tibet. Itu digunakan sebagai fluks yang digunakan oleh tukang emas.

Pada tahun 1808, Louis-Josef Gay-Lussac dan Louis-Jacques Thénard bekerja di Paris, dan Sir Humphry Davy di London, secara independen mengekstraksi boron dengan memanaskan boraks dengan logam kalium. Bahkan, tidak ada yang menghasilkan elemen murni yang hampir mustahil diperoleh. Jenis boron yang lebih murni diisolasi pada tahun 1892 oleh Henri Moissan. Akhirnya, E. Weintraub di AS menghasilkan boron yang benar-benar murni dengan memicu campuran boron klorida, uap BCl3, dan hidrogen. Bahan boron yang diperoleh ternyata memiliki sifat yang sangat berbeda dengan yang dilaporkan sebelumnya.

Penggunaan lain

Dalam biologi, borat memiliki toksisitas rendah pada mamalia (mirip dengan garam meja), tetapi lebih beracun bagi arthropoda dan digunakan sebagai insektisida. Asam borat bersifat antimikroba ringan, dan beberapa antibiotik organik yang mengandung boron alami diketahui. Boron adalah nutrisi tanaman penting dan senyawa boron seperti boraks dan asam borat digunakan sebagai pupuk dalam pertanian, meskipun hanya diperlukan dalam jumlah kecil, dengan kelebihan beracun. Senyawa boron memainkan peran penguatan di dinding sel semua tanaman. Tidak ada konsensus tentang apakah boron merupakan nutrisi penting bagi mamalia, termasuk manusia, walaupun ada beberapa bukti yang mendukung kesehatan tulang.

 

Keterangan:

  • Massa atom relatif berdasarkan skala massa atom relatif karbon (Ar C=12)
  • Tanda “(  )” pada unsur – unsur radioaktif menunjukan nomor massa isotop unsur radioaktif yang mempunyai paruh waktu paling panjang
  • Massa jenis diukur pada suhu 300 K
  • Elektronegativitas ditulis berdasarkan aturan Pauling
Sumber / Daftar Pustaka / Referensi :

Harold D. Nathan. Pdh (2005). Cliff Quick Review: Kimia Dasar Cepat.  Jakarta: Pakar Raya
(Pada: Harris .D (2007). Ensiklopedi Unsur Unsur Kimia. Jakarta: Kawan Pustaka)

Pudjaatmaka A. Hadyana (2004). Kamus Kimia. Jakarta: Balai Pustaka
(Pada: Harris .D (2007). Ensiklopedi Unsur Unsur Kimia. Jakarta: Kawan Pustaka)

Chem-is-try.org
(Pada: Harris .D (2007). Ensiklopedi Unsur Unsur Kimia. Jakarta: Kawan Pustaka)

Iupac.org
(Pada: Harris .D (2007). Ensiklopedi Unsur Unsur Kimia. Jakarta: Kawan Pustaka)

Team RSC (2020, April). Periodic Table. Science Park. Cambridge: Royal Society of Chemistry. Access INA

Wikipedia.org
(Pada: Harris .D (2007). Ensiklopedi Unsur Unsur Kimia. Jakarta: Kawan Pustaka)

Wikipedia (2020, April). Unsur Kimia. Access INA

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.