CEFAZOLIN

Cefazolin adalah antibiotik golongan cephalosporin yang digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi bakteri dengan cara membunuh bakteri. Tidak jarang juga antibiotik ini diberikan kepada pasien sebelum, saat atau setelah melalui prosedur operasi tertentu untuk mencegah terjadinya infeksi.

Cefazolin adalah antibiotik yang diberikan kepada penderita yang memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik jenis penisilin, meski penggunaannya tetap harus dimonitor karena tetap berisiko menimbulkan reaksi alergi. Infeksi saluran pernapasan, saluran kemih, kulit, kemaluan, darah, tulang dan sendi, saluran empedu, dan jantung adalah beberapa kondisi yang bisa diobati dengan cefazolin. Obat ini juga aman digunakan untuk mengantisipasi infeksi pada wanita sebelum dan sesudah persalinan.

Tentang Cefazolin

Golongan Antibiotik
Kategori Obat resep
Manfaat Mengobati infeksi akibat bakteri, Mencegah infeksi (profilaksis) sebelum atau sesudah bedah
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk Suntik

Peringatan:

  • Wanita yang merencanakan kehamilan, wanita sedang hamil, wanita menyusui, serta bayi dan anak-anak harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.
  • Penderita yang sedang dalam perawatan penyakit lain pada waktu yang sama, terapi suplemen, pengobatan herba, atau pengobatan pelengkap lainnya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu.
  • Penderita yang sedang mengonsumsi warfarin atau sejenisnya.
  • Penderita yang memiliki alergi tertentu, baik pada makanan, obat, maupun bahan lain yang terkandung di dalam obat ini patut mewaspadai munculnya reaksi alergi atau efek samping.
  • Penderita yang alergi terhadap penisilin, beta laktam maupun golongan cephalosporin lainnya.
  • Penderita berbagai jenis gangguan yang berhubungan dengan ginjal, hati, saluran pencernaan, kekurangan nutrisi, dan kejang dilarang menggunakan obat ini tanpa pengawasan dokter.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi buruk, kondisi memburuk, alergi atau overdosis saat menggunakan obat ini.

Dosis Cefazolin

Kondisi Dosis awal
Mengobati infeksi Dewasa: 1 gram per hari. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 3-5 gram.Anak dan bayi: 20-40 mg/kg BB yang dibagi menjadi 2-4 dosis kecil. Dosis anak dapat ditingkatkan sampai 100 mg/kg BB
Profilaksis bedah Sebelum operasi: 1 gram diberikan 30 menit hingga 1 jam, dilanjutkan 0.5-1 gram saat operasi yang berdurasi panjang.Setelah itu, dapat ditambah 0,5-1 gram tiap 6-8 jam setelah operasi hingga 24 jam, atau dapat dilanjutkan hingga 5 hari.

Dosis cefazolin dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan usia, berat badan, kondisi fisik, serta kesehatan pasien.

Menggunakan Cefazolin dengan Benar

Cefazolin diberikan dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah atau otot oleh seorang tenaga medis profesional yang terlatih.

Selama mengonsumsi cefazolin, hindari mengonsumsi obat lain tanpa sepengetahuan dokter, termasuk jenis obat-obatan kimia, herba, atau suplemen yang mengandung kalsium yang diperoleh secara bebas atau dengan resep.

Antibiotik juga dapat berpengaruh kepada hasil pemeriksaan kesehatan sehingga sebaiknya memberi tahu tenaga medis yang bertugas bahwa Anda sedang mengonsumsi cefazolin maupun obat-obatan lain jika ada.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Cefazolin

Sama seperti obat-obatan lain, cefazolin bisa menyebabkan reaksi efek samping. Beberapa reaksi yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat ini, yaitu:

Harga

Untuk harga terdapat HET (Harga Eceran Tertinggi) pada kemasan/wadah, memungkinkan harga lebih tinggi atau lebih rendah dari HET yang tertera pada setiap apotek atau instalasi farmasi yang ada. Jadi untuk memastikan harga yang tepat silakan hubungi apotek atau instalasi farmasi terdekat.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website atau blog kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KARIR Terms Conditions



x