Mengamankan Website

Tentu ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah keamanan webiste. Hal yang paling sederhana adalah mempersulit akses untuk masuk ke dalam situs anda. Untuk itu, gunakan username dan password yang kuat, bila perlu gunakan autentikasi dua langkah. Bila sudah, anda juga bisa melakukan langkah-langkah pengamanan sebagai berikut:

  • Selalu update core WordPress terbaru
  • Gunakan plugin dan tema dari developer yang terpercaya
  • Pasang plugin khusus keamanan, dll

Namun untuk pengguna self-hosted WordPress, memakai hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah web security.

Hosting Sebagai Salah Satu Cara untuk Membuat Website Aman

Mungkin hampir sebagian besar dari kita akan memilih hosting berdasarkan harga dan spek yang ditawarkan. siapakah di sini yang melihat fitur anti-spam, malware scanner, auto-backup, atau memakai PHP & MySQL terbaru sebagai fitur wajib pada saat memilih hosting?

Faktanya, fitur keamanan seperti ini memang jarang diperhatikan, padahal hosting yang baik akan menjadi rumah web kita dalam waktu yang cukup lama. Selain memberi performa yang baik, tentu kita ingin agar rumah tersebut juga aman untuk ditempati.

Sebagai gambaran, statistik dari wpwhitesecurity ini bisa memberi gambaran mengenai komponen situs mana yang harus kita waspadai untuk membuat website aman.

  • 41% situs WordPress diretas melalui celah keamanan yang ada pada platform hosting yang mereka gunakan
  • 29% lainnya diretas melalui celah keamanan pada tema WordPress
  • 22% situs WordPress diretas melalui isu keamanan pada plugin yang mereka pakai
  • 8% situs WordPress berhasil dibobol karena mengunakan pasword yang lemah
  • Persentase celah keamanan pada website WordPress

Siapa sangka, ternyata 41% tingkat keamanan situs kita ditentukan oleh hosting yang kira pilih. Jadi, dengan memilih hosting yang bisa memberi jaminan kemanan, kita sudah bisa memangkas hampir separuh jumlah ancaman yang kita terima.

Hosting Apa yang Bisa Anda Pilih?

Untuk anda yang mengincar shared hosting, pilihannya akan sangat beragam. Hosting berkualitas kini tidak hanya ditemui pada layanan luar negeri saja karena hosting lokal juga mulai unjuk gigi. Meski begitu, tentu ada beberapa kriteria sendiri untuk menentukan apakah sebuah hosting bisa dikatakan aman atau tidak. kriteria di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memilih mana hosting yang aman digunakan.

  1. Opsi SSL

Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar untuk mengenkripsi jalur komunikasi antara server dan client. Dengan adanya SSL, pertukaran data menjadi lebih aman karena butuh ‘kunci’ khusus untuk membaca data tersebut. Karena itulah SSL menjadi penting terutama bagi situs yang sering meminta data-data penting seperti situs e-commerce. Sebuah situs yang sudah memakai SSL dapat dengan mudah anda kenali karena URL website tersebut diawali oleh HTTPS, bukan HTTP.

Namun hal ini bukan berarti situs kecil atau blog pribadi tidak membutuhkannya. Sejak 2014, HTTPS dijadikan salah satu faktor penentu ranking website. Keinginnan Google untuk membuat lingkungan web yang aman bahkan ditegaskan dengan memberi semua situs yang masih belum menggunakan HTTPS dengan label Not Secure.

  1. Data Center yang Aman

Penyedia hosting yang profesional pasti akan menyebutkan dan menjelaskan dengan baik data center yang mereka gunakan. Data center dengan performa yang baik dan didukung fitur keamanan yang canggih akan menjadi bahan pertimbangan calon pelanggan dalam memilih hosting.

  1. Back-Up

Backup menjadi fitur standar yang kini ada pada setiap layanan hosting. Namun mungkin anda perlu memperhatikan juga fitur backup seperti apa yang anda dapat. Backup manual atau auto-backup? Backup otomatis harian, mingguan, atau malah bulanan? Lalu berapa limit backup yang diberikan oleh layanan hosting tersebut?

  1. AntiVirus dan Malware Scanner/Removal

Dua fitur yang bisa anda temukan pada cPanel ini mungkin tidak akan terlalu sering anda gunakan. Namun bila ada masalah dengan malware di kemudian hari, anda akan merasa sangat beruntung bisa memilki fitur-fitur ini.

  1. RAID

RAID adalah sistem khusus yang berfungsi untuk melindungi data, bahkan ketika server mengalami crash. Hosting yang mencantumkan RAID bisa menjadi ciri-ciri hosting yang bagus.

Namun sayang fitur ini lumayan mahal jadi akan sangat jarang dijumpai pada paket shared hosting. Jika ada mungkin anda harus membayar biaya tambahan untuk mendapatkan fitur ini.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.