ANALISIS.ID

RESEP AYAM KODOK

Sebelum membahas resep tidak ada salahnya mengetahui pedoman dasar bumbu masak. Perlu diketahui kalau sebenarnya kita cukup paham dengan 3 (tiga) bumbu dasar untuk menguasai seluruh masakan yang ada, terutama makanan Indonesia. Kalau kamu sudah menguasainya, masak apa pun jadi mudah.

  1. BELAJAR MEMBUAT BUMBU DASAR PUTIH
  2. BELAJAR MEMBUAT BUMBU DASAR MERAH
  3. BELAJAR MEMBUAT BUMBU DASAR KUNING

Mengolah atau membuat resep sendiri, banyak manfaat yang diperoleh antara lain seperti menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi, mengasah kemampuan dalam memasak, menyegarkan otak kita (refreshing), menghemat pengeluaran, bisa menjadi penghasilan tambahan rumah tangga.

PUNYA RESEP MASAKKAN ATAU RESEP PRIBADI? MAU DI PUBLIKASIKAN? Silakan kirim resep DI SINI

AYAM KODOK

Bahan

1 ekor ayam, pilih yang kecil, biarkan utuh

4 buah telur rebus

3 sdm margarin, untuk olesan

Isian (haluskan)

3 potong hati ayam, rebus

3 sdm bawang merah goreng

1 butir telur

Garam dan gula pasir secukupnya

½ sdt bubuk merica

½ sdt bubuk pala

4 potong roti tawar tanpa kulit, rendam dengan 2 sdm susu cair

Mushroom sauce

2 sdm margarin

200 g jamur kancing, iris tipis

200 ml air kaldu ayam

½ sdt merica bubuk

Garam secukupnya

1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

3 sdm krim masak

Cara membuat

  • Patahkan sedni pada bagian sayap dan paha bawah agar mudah dikuliti. Sayat kulit dan daging pada punggung ayam, dorong perlahan hingga kulit terlapis dari tulang dan daging ayam, biarkan bagian sayap dan paha. Pisahkan daging ayam dari tulangnya, haluskan.
  • Campur bahan isian dengan daging ayam yang telah halus. Masukan bahan isian dan telur rebus ke dalam ayam yang sudah dikuliti. Jahit pada bagian kulit yang disayat dengan benang katun. Tuusk-tusuk kulit ayam dengan garpu. Kukus ayam selama 30 menit.
  • Siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarin. Taruh ayam yang sudah dikukus, olesi dengan margarin. Panggang ayam pada suhu 200 ˚C selama 15 menit, balik ayam dengan hati-hati, panggang kembali sampai kuning kecokelatan dan matang.
  • Mushroom sauce:panaskan margarin, tumis jamur hingga kecokelatan dan harum. Masukan kaldu ayam, merica dan garam, biarkan mendidih. Tuang larutan maizena dan krim masak, aduk hingga kental. Masak saus sampai matang. Angkat.
  • Sajikan ayam dengan mushrrom sauce dan sayuran.

Disajikan untuk 5-8 orang

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu “Hubungi kami” feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

PUNYA RESEP MASAKKAN ATAU RESEP PRIBADI? MAU DI PUBLIKASIKAN? Silakan kirim resep DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − five =