VAKSIN BCG

Vaksin BCG adalah vaksin yang akan melindungi kita dari tuberkulosis atau lebih sering disingkat TB. TB adalah penyakit berbahaya yang menyerang paru-paru.

Dalam vaksin BCG terkandung bakteri TB yang telah dimodifikasi. Cara kerja vaksin ini adalah dengan menstimulasi sisem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri TB. Bayi yang baru lahir hingga berusia dua bulan merupakan usia paling efektif untuk menerima imunisasi BCG.

Orang dewasa juga bisa menerima imunisasi ini. Meski demikian, keefektifannya akan lebih rendah sehingga jarang dianjurkan kecuali bagi mereka yang berisiko tinggi (misalnya, petugas medis yang menangani pasien TB).

Imunisasi BCG memang efektif untuk melindungi dan menurunkan risiko komplikasi TB berupa meningitis TB pada anak-anak, tapi bukan berarti kita terlindungi sepenuhnya. Kita harus tetap berhati-hati dan waspada.

Vaksin ini hanya perlu dilakukan sebanyak satu kali melalui suntikan oleh petugas medis.

Tentang Vaksin BCG

Golongan Vaksin
Kategori Obat resep
Manfaat Mencegah tuberkulosis
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Obat suntik

Peringatan:

  • Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak menerima vaksin ini atau berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima imunisasi BCG.
  • Harap berhati-hati bagi yang pernah menerima imunisasi BCG, pernah mengalami infeksi TB, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (misalnya, pengidap kanker atau HIV), serta bayi yang serumah dengan orang yang diduga atau sedang mengidap TB.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.

Dosis vaksin BCG

Vaksin BCG hanya bisa diberikan melalui suntikan oleh dokter dan petugas medis. Dosis imunisasi BCG yang akan diberikan adalah 0.05 mL untuk bayi. Biasanya dosis disesuaikan lagi bila penerima vaksin berusia di atas 1 tahun.

Menggunakan Vaksin BCG dengan Benar

Vaksin BCG harus diberikan dengan dosis tepat sesuai yang dibutuhkan sehingga pemberiannya hanya bisa dilakukan oleh petugas medis.

Perhatikan isi kemasan vaksin BCG sebelum digunakan. Cairan vaksin BCG harus bening dan tanpa partikel. Jangan digunakan jika cairan telah berubah warna, berisi partikel, atau kemasannya bocor. Mintalah pada petugas medis untuk memberikan yang baru.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Vaksin BCG

Vaksin BCG umumnya aman dan jarang memicu efek samping, namun risiko kemunculannya tetap ada. Efek samping yang mungkin terjadi setelah menerima vaksin ini meliputi demam dan terbentuknya benjolan pada lokasi suntikan.

Silakan hubungi kami jika ada kesalahan pada teks atau link pada konten website kami, secepat mungkin kami akan memperbaikinya. Karena kritik dan saran anda sangat membantu untuk perkembangan website kami menjadi lebih baik lagi. Anda juga bisa mengirim permintaan bidang/kategori yang belum tersedia dan mengisi form pada menu Hubungi kami feedback tersebut akan kami tampung dahulu, permintaan terbanyak akan kami segera kami tindaklanjuti. Terima kasih sudah berkunjung di website kami analisis.id.

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

ANALISIS.ID

ENHANCED BY GOOGLE SEARCH
Silakan masukan kata kunci diatas untuk mencari post tersuai.

HOME KATEGORI INFORMASI OBAT TENTANG KAMI KONTAK & BANTUAN KARIR Terms Conditions



x