VITAMIN B3

Vitamin B3 atau niacin adalah vitamin yang dapat diberikan jika seseorang mengalami defisiensi vitamin B3 sehingga mengalami gejala seperti demensia, diare, peradangan kulit. Suplemen vitamin B3 juga terbukti mampu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi. Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk kesehatan kulit, sistem saraf, dan dalam melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan-makanan yang mengandung vitamin B3 dan merupakan sumber alami yang baik di antaranya:

  • Telur
  • Jamur
  • Hati
  • Daging
  • Sayuran hijau
  • Ikan seperti tuna dan salmon
  • Susu
  • Ragi

Vitamin B3 memiliki dua bentuk yang larut dalam air, niacin dan niacinamide. Jika Anda mengonsumsi niacin dan niacinamide secara oral, tubuh Anda dapat dengan mudah menyerapnya. Niacin dapat diubah menjadi niacinamide ketika jumlah niacin dalam tubuh jauh lebih tinggi dari yang dibutuhkan.

Niacin dan niacinamide membantu lemak dan gula dalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Mereka juga digunakan untuk menjaga sel-sel tubuh yang sehat. Niacin dalam dosis tinggi baik bagi orang yang menderita penyakit jantung karena niacin dapat memengaruhi bekuan darah. Namun, niacin juga dapat meningkatkan kadar trigliserida (sejenis lemak) dalam darah.

Jika kadar niacin dalam darah lebih rendah daripada yang dibutuhkan, Anda dapat terkena masalah yang berkaitan dengan kulit seperti iritasi.

Tentang Vitamin B3 (Niacin)

GolonganSuplemen vitamin
KategoriObat resep namun ada beberapa merek yang bisa dibeli bebas
ManfaatMengatasi defisiensi vitamin B3, Menurunkan kolesterol tinggi
Dikonsumsi OlehAnak-anak dan dewasa
Nama LainNiacin
Bentuk ObatTablet, kapsul dan obat suntik

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan ginjal, hati, tekanan darah rendah, ulkus peptikum, rematik, asam urat, gangguan pada kantung empedu, dan diabetes.
  • Hindari mengonsumsi vitamin B3 dengan obat-obatan, seperti heparin dan warfarin, karena bisa meningkatkan risiko mengalami pendarahan.

Dosis Vitamin B3 (Niacin)

Berikut ini adalah dosis vitamin B3 harian yang disarankan untuk orang dewasa.

ManfaatDosis per hari
Defisiensi vitamin B350 – 1.000 miligram
Kolesterol tinggi500 – 4.000 miligram

Dosis akan disesuaikan oleh dokter menurut jenis kondisi, tingkat keparahannya dan kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh.

Mengonsumsi Vitamin B3 (Niacin) dengan Benar

  • Baca aturan pakai di kemasan. Jangan mengonsumsi vitamin B3 melebihi dosis yang dianjurkan.
  • Vitamin B3 harus dikonsumsi setelah makan untuk mengurangi terkena risiko efek samping sakit perut. Usahakan untuk mengonsumsi vitamin B3 di waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa.
  • Bagi yang tidak sengaja melewatkan jadwal meminum vitamin B3, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat. Namun jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis vitamin B3 yang diminum berikutnya.
  • Disarankan untuk mengikuti pola makan atau diet yang seimbang dan jangan mengonsumsi minuman keras.

Efek Samping dan Bahaya Vitamin B3 (Niacin)

Berikut ini adalah efek samping yang paling umum terjadi akibat mengonsumsi vitamin B3:

Catatan situs:

  • Mohon dukungannya dengan share dan web bookmark (kode: ctrl + d) website kami .
  • Jangan lupa untuk like halaman facebook kami fb.com/analisis.id.
  • Jika ada gambar, link, dan ataupun file rusak silakan kirim pesan pada kolom komentar, kami akan segera membalasnya.
  • Sekilas tentang kami.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments