LARUTAN TERKONSTITUSl

LARUTAN TERKONSTITUSl

Pada sediaan steril yang akan dibuat larutan terkonstitusi diberi nama sesuai bentuknya Steril atau ….….untuk Injeksi. Karena sediaan dikonstitusikan oleh tenaga medik segera pada saat digunakan, uji dan ketentuan tentang larutan yang dikonstitusi untuk pemberian tidak dimasukkan dalam masing-masing monografi padatan kering atau cairan pekat steril. Untuk menjamin mutu sediaan injeksi sebagaimana diberikan, uji yang tidak merusak sediaan injeksi seperti berikut ini dilakukan untuk memperlihatkan kesesuaian larutan terkonstitusi pada saat sebelum digunakan.

Kesempurnaan dan Kejernihan Melarut Konstitusikan larutan seperti tertera pada etiket dari pabrik untuk sediaan kering steril.

  1. Padatan melarut sempurna, tidak terlihat meninggalkan sisa yang tidak larut.
  2. Kejernihan larutan terkonstitusi tidak kurang jernih secara signifikan dari volume sama pengencer atau Air Murni dalam wadah serupa dan diperiksa dengan cara yang sama.

Bahan Partikulat Konstitusikan larutan dengan cara seperti yang tertera pada etiket sediaan kering steril: larutan tidak mengandung partikel bahan asing yang dapat dilihat secara visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *